Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Noda Tinta pada Pakaian Susah Hilang, Gunakan Cara Ini

Noda Tinta pada Pakaian Susah Hilang, Gunakan Cara Ini

Pakaian adalah bahan tekstil dan serat yang digunakan sebagai penutup tubuh. Pakaian yang kita pakai sehari-hari sangat rentan terhadap noda dan kotoran. Termasuk noda Tinta. Noda tinta pada pakaian sering kali tidak terelakkan. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari pulpen yang bocor di kantong baju hingga tercoret spidol akibat tangan jahil anak-anak. 

Menghilangkan noda tinta dari pakaian bisa menjadi sedikit tantangan, terutama tergantung pada jenis tinta yang Anda gunakan. Tidak semua noda tinta diciptakan sama. Jika noda tinta berbahan dasar air, Maka Bunda sangat beruntung beruntung.

Noda tinta berbasis air, seperti yang berasal dari spidol yang dapat dicuci, adalah yang paling mudah untuk menghilangkan noda tinta dari kain. Namun, noda dari spidol atau stabilo permanen jauh lebih sulit untuk dihilangkan tetapi bukan tidak mungkin.

Tapi Bunda jangan khawatir. Karena Kami akan memberikan tips cara menghilangkan node tinta.

Cara Menghilangkan Noda Tinta

Cara menghilangkan noda tinta di baju pada dasarnya cukup sederhana. Apapun jenis bahan yang terkena noda tinta sebenarnya dapat dibersihkan. Simak beberapa cara menghilangkan Noda Tinta pada pakaian dibawah ini :

1. Dengan menggunakan Jeruk Lemon dengan Garam

Caranya adalah silahkan Bunda peras jeruk lemon, ambil airnya pada gelas/wadah yang sudah Bunda sediakan, kemudian bubuhi dengan garam secukupnya. Silahkan Bunda aduk hingga merata, lalu gunakan campuran tadi untuk menggosok noda tinta pada baju, dengan cara di kucek-kucek secara hati-hati. Lakukan berulang, kemudian bilas seperti biasa. Lakukan beberapa kali jika noda tinta belum hilang sempurna. 

2. Dengan menggunakan campuran alkohol atau spiritus

Bunda bisa meneteskan alkohol atau spiritus pada noda tinta di baju, setelah meresap lakukan pencucian dengan deterjen dengan cara mengucek pada bagian noda, kemudian bilas ya Bunda. Noda tinta pada baju pasti akan memudar, jika belum sempurna lakukan berulang-ulang cara di atas sampai noda tinta benar-benar bersih ya Bunda.

3. Dengan Menggunakan Pasta Gigi

Cara menghilangkan noda tinta di baju dengan pasta gigi cukup mudah yaitu Bunda cukup mengoleskan pasta gigi (tanpa pemutih dan tidak berbentuk gel) pada bagian yang terkena noda tinta, kemudian bilas menggunakan air dingin yang mengalir sambil usap kain dengan lembut menggunakan tangan.

4. Dengan Menggunakan Cuka Putih

Cara menghilangkanya pun cukup mudah yaitu cukup tuangkan satu sendok teh cuka putih ke atas noda tinta lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu oleskan 1-2 tetes sabun cuci piring ke area tersebut dan gosok perlahan menggunakan tangan dengan perlahan. Setelah itu diamkan selama 5 menit, dan bilas dengan air dingin sambil menggosokkan sabun ke area tersebut.

5. Soda Kue dan Air

Soda kue dan kombinasi air juga efektif menghilangkan noda tinta dari hampir semua jenis kain. Ambil dua bagian soda kue dan satu bagian air, lalu aduk rata hingga menjadi pasta. Ambil bola kapas, rendam ke dalam baking soda dan pasta air dan oleskan pada noda tinta sampai noda memudar. Cuci pakaian dengan deterjen biasa.

Jika dengan 5 cara diatas noda belum juga hilang, bawalah pakain yang terkena tinta ketempat jasa laundry. Biasanya jasa laundry mempunyai cara-cara menghilangkan noda pada pakaian. Tetapi ada baiknya tanyakan dulu apakah bisa menghilangkan noda tinta atau tidak, karena tidak semua loundry tahu dan punya cara untuk menghilangkan noda tinta pada baju.

Post a Comment for "Noda Tinta pada Pakaian Susah Hilang, Gunakan Cara Ini"