Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi

Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi

Daun kemangi yang biasa kita temukan sebagai lalapan dan beraroma khas, kuat namun lembut dengan sentuhan dan dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng. Daun kemangi juga merupakan salah satu bumbu bagi masakan pepes. Bagian dari tanaman kemangi yang paling sering digunakan untuk diambil manfaatnya adalah bagian daunnya. Aroma daun kemangi yang khas dapat menghilangkan bau mulut ataupun bau pada tangan yang muncul setelah makan lalapan bersama dengan sambel terasi.

Tetapi siapa sangka dibalik kegunaannya sebagai teman makan dan bumbu bagi masakan, ternyata daun kemangi menyimpan beberapa manfaat bagi tubuh kita. Karena didalam kandungan daun kemangi terdapat zat-zat seperti senyawa anetol, senyawa 1-8 sineol, zat arigin, zat flavonoid, boron, stigmasterolnya, eugenol, betakaroten, magnesium, zat triptofan, dan masih banyak lagi zat- zat lainnya.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Menghilangkan Bau Badan
Tubuh yang bau membuat kita merasa sangat malu dan tidak percaya diri, baik itu berhadapan dengan pacar, dengan teman bahkan dengan rekan kerja, gunakan sekitar sepuluh lembar per hari daun kemangi dengan cara di makan untuk mengatasi bau pada badan anda.

Mengatasi Keputihan
Kandungan senyawa eugenol dalam kemangi dapat membunuh jamur penyebab keputihan. Jadi, saat Anda mengalami keputihan, rajin-rajinlah mengkonsumsi daun kemangi. bisa sebagai lalap atau dicampur dengan makanan lain, misalnya pepes.

Menyehatkan Mata dan Mulut
Di dalam daun kemangi terdapat berbagai macam vitamin, salah satunya adalah vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, dengan mengkonsumsi daun kemangi akan mengobati infeksi yang yang menyerang mata. Selain untuk mata, aroma wangi yang keluar dari daun kemangi juga akan membuat mulut kita menjadi segar, dengan begitu bau mulut akan berkurang jika anda mengkonsumsi daun kemangi.

Mencegah Penyakit Jantung dan Pembersih Darah
Daun kemangi dapat membantu membersihkan darah dengan cara melepaskan racun dari dalam tubuh. Daun kemangi juga dapat membantu mengontrol tekanan darah, kandungan antioksidan eugenol dalam kemangi membantu mengurangi kadar kolesterol dan kadar glukosa darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Menyuburkan Pria
Kandungan zat Arginine yang ada di dalam daun kemangi ternyata bisa menambah kesuburan bagi pria dan akan mencegah kemandulan, karena zat ini bisa memperpanjang masa hidup sperma yang ada di dalam tubuh peria.

Mengobati Masalah Pernapasan
Daun kemangi juga efektif dalam mengobatai masalah pernapasan seperti asma dan bronkitis. serta mengontrol batuk, melonggarkan lendir akumulasi dan untuk mengurangi sesak pada paru-paru.

Mengatasi Demam
Sakit panas atau yang sering kita kenal dengan demam biasanya kita lihat saat suhu badan kita menjadi meningkat secara tidak wajar, demam merupakan suatu penyakit yang tidak bisa di anggap spele karena dengan demem maka aktivitas kita akan terganggu. Kandungan yang terdapat di dalam kemangi bisa berguna untuk menurunkan demam, karena mengandung antioksidan dan vitamin C.

Itulah beberapa manfaat daun kemangi yang berguna bagi kesehatan tubuh kita selain kegunaannya bagi bumbu masak dan lalapan.

Post a Comment for "Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi"